Tips Memilih Ban Motor Untuk Touring, Jangan Sampai Keliru


Ban merupakan salah satu komponen pada motor yang sangat penting, bahkan salah memilih ban pun juga bisa berakibat fatal ketika digunakan untuk berkendara. Tentunya ban motor terbaik adalah ban yang memiliki grip yang maksimal. Apalagi sekarang ini banyak sekali jenis ban dengan berbagai merek yang dijual di pasaran dan membuat kamu bingung untuk menentukan pilihan. Lalu ban seperti apa yang cocok untuk menemai kalian touring? berikut beberapa tips memilih ban motor untuk touring yang harus kamu ketahui.

  • Tapak Ban Motor
Sebaiknya Anda memilih tapak ban standar yang aman digunakan untuk kondisi jalanan kering maupun basah. Ban standar cocok untuk hampir medan, sekaligus kondisi cuaca.

Apabila ban terlalu sedikit maka ban ini cocok digunakan di jalanan kering sehingga ban tipe ini memiliki resiko tergelincir ketika melewati genangan atau jalanan berpasir, khususnya ketika berbelok.

  • Ukuran Ban
untuk motor bebek menggunakan ukuran 80/90-17, yang berarti ban tersebut memiliki lebar 80 mm dan ketinggian 90% dari 80 mm atau setara 70 mm. Sedangkan untuk angka 17 menunjukkan lebar velg.

JIka Anda ingin menambah lebar ban, pilihlah yang ukurannya hanya naik 1 hingga 2 ukuran. Contohnya lebar standar menggunakan 80/90, Anda dapat menggantinya menjadi 90/90. Ukuran tersebut masih cukup aman. Namun, jangan mengganti dengan ban seukuran 120/70. Selain terlalu besar.

  • Pilih Ban Yang Basah dan Kering
Dimana ban yang tepat bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda di perjalanan, jika perjalanan anda banyak menggunakan jalan Tanah yang basah mungkin anda bisa menggunakan Tipe yang basah, kalau perjalanan anda lebih menggunakan jalanan yang kering anda bisa menggunakan Tipe kering.

  • Tahun Produksi Ban
Ban motor sama halnya dengan ban mobil yang terdapat keterangan tahun dan minggu pembuatan ban. Umumnya angka ini terletak dalam garis oval yang terdiri dari empat angka. Contohnya tertulis angka 7012, yang berarti ban tersebut dibuat pada minggu ke-7 tahun 2012. Ban ini ternyata sudah lama diproduksi sehingga taraf keamanan masih menurun.

Nah, itulah beberapa tips yang mungkin bisa membantumu untuk memilih ban-ban yang cocok untuk kenyamanan berkendara.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Ban Motor Untuk Touring, Jangan Sampai Keliru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel