Cara Merawat Aki Basah Supaya Awet dan Tahan Lama


Seperti yang kita ketahui bersama, sekarang ini terdapat dua jenis aki yang banyak digunakan oleh sepeda motor yang ada di Indonesia yaitu Aki Basah dan Aki Kering. Meskipun jenisnya berbeda namun untuk fungsi keduanya sama sama untuk menyimpan dan menyalurkan sistem kelistrikan. Terus apa yang membedakan antara aki kering dan aki basah? adapun perbedaan dari kedua jenis aki motor tersebut yaitu pada bagian isinya saja. Lalu untuk perawatan aki kering biar awet kalian bisa baca disini.

Jika aki kering berisi gel sebagai pengganti cairan elektronik yang mempunyai sifat yang sulit untuk menguap, sedangkan untuk aki basah berisi cairan berupa asam sulfat. Untuk aki basah sendiri harus dilakukan perawatan secara rutin atau berkala supaya mampu menyimpan dan menyalurkan kelistrikan secara optimal. Karena jika tidak dilakukan perawatan secara rutin maka aki basah cepat soak yang biasanya ditandai dengan habisnya cairan asam sulfat.


  • Pertama lakukan pengecekan air aki jangan sampai takarannya di bawah garis low.Bila sudah low lakukan pengisian ulang dengan mengeluarkan aki dari motor.
  • Buka baut yang berada dikutub aki menggunakan obeng plus, kemudian buka keduanya.Selanjutnya buka tutup lubang pengisian yang berwarna merah pakai obeng min.
  • Lalu tambah cairan satu persatu di lubang aki tersebut sambil diperhatikan, jangan sampai lewat dari tanda upper.Tutup kembali semua bautnya, lalu jangan lupa dikasih grease atau gemuk pada kutub akinya agar tidak timbul jamur.
Nah.. itulah beberapa tips atau cara merawat aki basah yang baik dan benar agar bisa tahan lama atau gak cepat soak, semoga tips ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Aki Basah Supaya Awet dan Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel