7 Cara Merawat Lampu Mobil Agar Tidak Kusam Beserta Penanganannya, No 4 Penting Diketahui



Lampu mobil memiliki peranan yang sangat penting bagi pengemudi dan pemilik kendaraan. Mika lampu yang sudah menguning atau kusam akan mengurangi fungsi utama lampu sebagai pencahayaan saat mengemudi di malam hari atau di tempat yang gelap. Selain itu, lampu juga merupakan bagian dari kosmetik yang dapat memberikan kesan tampilan mobil yang lebih bersih dan elegan.

Penyebab mika lampu mobil menjadi kusam dan kuning bisa disebabkan beberapa faktor. Contohnya adalah penggunaan bohlam lampu dengan watt yang terlalu besar, terlalu sering diparkir di bawah panas terik matahari dan tentu saja pemilik jarang memoles dan melindungi mika lampu dengan wax. Cara paling mudah untuk memperbaiki jika mika lampu sudah kusam adalah menggantinya dengan yang baru.

1. Gunakanlah Bohlam Lampu Dengan Daya yang Sesuai Dengan Standarnya

Karena jika menggunakan daya dengan watt yang lebih tinggi maka bohlam akan menghasilkan panas yang berlebih dan dapat mengakibatkan lampu mobil anda berubah menjadi kuning.

2. Perhatikan Karet Penutup Bohlam

Cara merawat lampu agar tidak kuning berikutnya ialah perhatikan karet penutup bohlam. Tanpa anda sadari, kadang-kadang karet penutup bohlam ini biasanya suka robek /getas.

Jika hal ini terjadi pada bohlam mobil anda segeralah ganti dengan yang baru karena karet penutup bohlam yang robek atau getas dapat menyebabkan masuknya debu atau kotoran lain pada rumah lampu, yang dapat menyebabkan mika lampu berubah warna menjadi kuning atau kusam.

3. Perhatikan Seal Penutup Mika

Seal penutup mika ini sangat mudah dilihat karena berada pada bagian luar rumah lampu. Jika seal ada yang rusak, robek atau getas maka air akan dengan sangat mudah masuk kerumah lampu, begitupun debu atau kotpran yang lainnya. Jika anda mengalami hal ini, segeralah mengganti atau merapikan seal tersebut hingga tidak ada celah untuk kemasukan air ataupun debu lainnya.

4. Jaga Kebersihan Kap Mesin Terutama Untuk Mesin Mobil yang Di Depan

Kotornya mesin dapat membuat debu atau kotoran dari ruang mesin masuk melewati bohlam lampu, jika anda mengalami hal seperti ini, gunakan isolasi untuk merapatkan lubang-lubang yang mungkin terjadi jalan masuknya debu atau kotoran dari ruang mesin kerumah lampu.

5. Parkir Di Tempat Teduh

Cara merawat lampu agar tidak kuning selanjutnya ialah parkir di tempat yang teduh. Sinal ultraviolet ( sinar UV) yang berasal dari matahari dapat memberikan dampak buruk pada kaca head lamp menjadi menguning lebih cepat dari yang seharusnya, karena panas yang berasal dari UV tersebut.

6. Gunakan Cairan Anti UV atau Wax Sebagai Pelindung Kaca Lampu Mobil Anda

Di era serba ada sekarang ini, tidak hanya cairan atau lotion untuk kulit tubuh anda yang tersedia di toko-toko kosmetik, namun saat ini sudah sangat banyak toko-toko spare part otomotif yang menyediakan cairan atau lotion nanti UV khusus untuk kaca lampu mobil anda, cairan ini dapat anda gunakan sebagai pelindung kaca mobil anda.

7. Cuci Kaca Headlamp Setelah Berkendara Pada Saat Cuaca Hujan

Air hujan dan kotoran dapat membuat dapat membuat kaca headlamp mobil anda mengalami goresan, sehingga mengakibatkan akan masuknya partikel kotoran kedalam sel-sel kaca headlamp. Hal ini akan berdampak pada keawetan kaca headlamp itu sendiri. Untuk mengatasinya, sebaknya segeralah mencuci kaca mobil anda dengan menggunakn air bersih apabila mobil anda habis terguyur hujan.

Nah, itulah sedikit informasi cara merawat mika lampu mobil supaya tidak kusam, lalu menurut kalian bagaimana nih mas bro?

source:showroommobil.co.id

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Merawat Lampu Mobil Agar Tidak Kusam Beserta Penanganannya, No 4 Penting Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel