6 Tips Penting Merawat Aki Motor Kering Biar Tahan Lama


Seperti yang kita ketahui, aki merupakan komponen penting yang ada pada sebuah kendaraan bermotor. Dan aki sendiri terdapat dua macam, pertama aki basah dan juga aki kering. Saking pentingnya aki pada kendaraan, maka dari itu aki juga perlu perawatan agar tahan lama atau gak soak. Nah, untuk artikel kali ini kita akan mengulas soal aki kering terlebih dahulu dan kemudian untuk aki basah kalian bisa baca disini. Lalu seperti apa ya alur merawat aki kering ini biar awet?

1.Memanaskan Kendaraan Setiap Hari

Memanaskan kendaran setiap hari merupakan hal wajib yang harus dilakukan setiap pemilik kendaraan. Tak hanya dapat membuat mesin menjadi cepat mencapai suhu kerja dalam proses pemanasan, namun juga dapat digunakan untuk mengecek kondisi dari sistem kelistrikan mesin.

2.Bersihkan Permukaan Aki Dari Kerak dan Debu

Pada jenis aki kering, biasanya memiliki katup yang tersembunyi sehingga penting bagi anda untuk membersihkan permukaan aki dari kerak dan debu yang menempel. Kerak, debu dan kotoran yang menempel akan dapat menyumbat katup sehingga akan menganggu proses penguapan pada aki.

3.Jangan Bebani Aki Dengan Komponen Kelistrikan Yang Berat

Pada dasarnya, sebuah mobil dilengkapi dengan aki yang dapat menampung semua beban dari sistem kelistrikan mobil. Namun karena alasan modifikasi dan lainnya yang membuat banyak aksesoris tambahan di pasangkan di dalam mobil tentunya membenani kerja aki mobil.

4.Pastikan Kondisi Pengikat Baterai Kencang

Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam cara merawat aki kering adalah pada bagian braket aki. Fungsi komponen ini memang hanya untuk menahan baterai saja. Namun meskipun begitu tetap tidak dapat dianggap remeh. Braket ini bekerja menjaga aki agar tetap stabil dan tidak bergerak saat mobil berjalan dalam kondisi jalanan yang bergelombang sekalipun. Sehingga ketika kondisi braket ataupun mur pengencang yang ada di dalam braket tidak kencang maka tentu saja menyebabkan aki dapat berubah-ubah saat dikendarai.

5.Jaga Kebersihan Terminal Aki

Cara merawat aki kering mobil lainnya dapat anda lakukan dengan selalu menjaga kebersihan terminal aki mobil, baik pada terminal negatif dan positif. Pada terminal aki biasanya akan banyak terdapat kerak yang diakibatkan proses penguapan elektrolit dan panas.

6.Pastikan Kondisi Altenator Regulator Aman

Fungsi dari regulator ini adalah untuk mengubah putaran mesin ke bentuk listrik, sedangkan fungsi dari regulator adalah mengatur kestabilan pada arus pengisian. Jika komponen ini bermasala, maka tentu saja menyebabkan proses pengisian menjadi tidak normal.

Belum ada Komentar untuk "6 Tips Penting Merawat Aki Motor Kering Biar Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel