5 Tips Memilih Ban Motor Yang Baik dan Bagus, Jangan Sampai Keliru



Memilih ban untuk sepeda motor memang terlihat biasa tapi hal ini sangatlah penting.Hal ini saya ungkapkan karena sebagian besar orang akan langsung pergi ke bengkel dan memasang ban.Namun masih banyak ditemukan orang hampir celaka jarena motornya terpeleset ketika melewati jalanan yang berbeda dan salah saat melakukan pengereman.Hal tersebut bisa terjadi karena anda salah memilih ban baik dari segi tipe,jenis ataupun ukurannya.Pastikan ban dan motor anda menjadi pasangan yang tepat sesuai dengan keadaan jalan. Di bawah ini adalah cara untuk memilih serta menentukan ban yang digunakan.

1.Harga Ban

Harga ban perlu kita pertimbangkan sebelum sobat membeli ban motor,pengalaman saya selama bekerja di toko ban motor kebanyakan pembeli selalu menanyakan harga,tawar menawar itu selalu terjadi,karena menawar harga itu hak pembeli dan merupakan prinsip ekonomi.

Untuk ukuran ban motor bebek standar biasanya berkisar kurang lebih 300 ribu untuk sepasang ban motor,perbandingan harga di setiap merek ban tidak terlalu jauh untuk ukuran ban standar dengan ukuran yang sama.

2.Pahamilah Kode Pada Ban

Selain masalah ukiran ban,ukuran ban baik dalam ukuran matric ataupun matric inci saja.Tapi anda juga harus memperhatikan kode produksi.Hal ini bertujuan tidak ada kesalahan saat anda memilih ban yang sudah kadaluarsa.Biasanya setiap produsen ban akan mendesain ban dengan masa kadaluarsa 5 tahun setelah pembuatan.

3.Ukuran ban

Untuk setiap jenis kendaraan bermotor,tentunya ukuran ban berbeda-beda,ukuran ban motor matic tidak sama dengan ban motor bebek.

Saya beri contoh ukuran ban untuk motor bebek yaitu ban depan 70/90-17 dan ban belakang 80/90-17 (ukuran standar ).

Jika pemakaian motor untuk sehari-hari misalnya hanya untuk dibawa kerja sebaiknya pilih ukuran standar saja,akan tetapi apabila pemakaian motor untuk mengangkut beban berat untuk membawa barang dagangan misalnya,sebaiknya perbesar ukuran ban sobat yaitu 80/90 untuk ban depan dan 90/90 untuk ukuran ban belakang.

Tidak dianjurkan memperkecil ukuran ban,misalnya ban depan diperkecil menjadi 60/90 dan belakang 70/90,selain boros dalam pemakaian,memperkecil ukuran ban dapat mengakibatkan ban mudah bocor dan lebih fatalnya lagi sobat bisa kena tilang apabila terjaring razia karena ukuran ban yang tidak standar.

4.Cek Masa Pakai Ban

Kemudian, Anda perlu mencari tahu informasi mengenai ban tubeless yang ingin dibeli. Jangan hanya jenis dan merk saja yang perlu diketahui, karena Anda juga perlu tahu kapan masa pakai ban tersebut bisa bertahan.

5.Jenis Ban

Ada dua jenis ban motor yang bisa kita temukan di toko-toko penjualan ban motor,yaitu ban motor Tube type dan ban motor Tubeless.

Ban jenis Tube type adalah ban motor yang menggunakan ban dalam,sedangkan ban motor jenis Tubeless adalah ban motor yang tidak menggunakan ban dalam.

Nah, menurut kalian bagaimana nih mas bro? semoga informasi ini bisa sedikit bermanfaat untuk mendapatkan ban yang bagus dan berkualitas.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Memilih Ban Motor Yang Baik dan Bagus, Jangan Sampai Keliru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel